Abstrak
1.
Pengertian Abstrak
Pengertian umum abstrak merupakan penyajian singkat mengenai isi tulisan
sehingga pada tulisan, ia menjadi bagian tersendiri. Abstrak berfungsi untuk
menjelaskan secara singkat kepada pembaca. Sebuah abstrak yang baik memiliki komponen tertentu yang
harus dicantumkan di dalamnya. Komponen-komponen tersebut pun harus ditempatkan
dengan urutan tertentu.
Abstrak digunakan untuk :
1.
Mengehemat waktu pembacaan dokumen aslinya
2.
Membantu pembuatan peninjauan pustaka
3.
Meningkatkan efisiensi pembuatan indeks
4.
Membantu mencari literature karna banyak
karangan yang tidak di publikasikan
5.
Membantu menghilangkan kesulitan bahasa dalam
membaca karangan aslinya
2.
Contoh Abstrak
3.
Isi Abstrak
·
Pembukaan
Bagian ini mengawali sebuah abstrak dan biasanya terdiri dari satu atau
paling banyakri dua kalimat. Bagian
pembukaan ini menjawab pertanyaan: mengapa itu penting? Bisa juga bagian
ini tidak ada, dan abstrak langsung dimulai dengan tujuan penelitian.
·
Masalah dan tujuan
Bagian ini selalu ada dalam sebuah abstrak, dan biasanya merupakan
kalimat pertama atau kedua dari abstrak.
·
Materi dan Metode
Bagian menyusul bagian masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian
·
Hasil
Bagian ini mencantumkan hasil penelitian, termasuk signifikansi secara
statistik dari hasil penelitian tersebut.
·
Kesimpulan
Ini adalah bagian terakhir dari sebuah abstrak. Di sini penulis
menyampaikan kesimpulan dalam kaitan dengan jawaban pertanyaan penelitian.
4.
Cara Membuat Abstrak
Abstrak harus dibuat sesuai dengan sifat-sifat abstrak yaitu :
·
Ringkas
·
Jelas
·
Tepat
·
Berdiri sendiri
·
Objektif
Terdapat format untuk penulisannya
juga, formatnya yaitu :
·
Awal kalimat merupakan kata benda.
·
Terdiri dari maksimal 250 kata, diluar kata
depan dan kata sambung.
·
Dalam bentuk satu paragraf.
·
Menggunakan spasi 1.
·
Menggunakan
huruf Times New Roman.
·
Terdapat
kata kunci yang terdiri dari maksimal 5 kata dan disusun secara alfabet.
·
Ditulis
sebelum bab pendahuluan.
·
Rata
kiri-kanan.
·
Ditulis
dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt
5.
Daftar Pustaka
Daftar Pustaka yaitu suatu daftar yang berisi semua sumber
bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti
Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan penelitian. Pemilihan daftar
pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas
dalam makalah.
6. Contoh Daftar Pustaka
7.
Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar
beberapa ketentuan serta aturan cara Penulisan Daftar Pustaka yang baik
dan benar yaitu :
·
Bagi penulis yang menggunakan marga/keluarga ,
nama marga/keluarganya ditulis terlebih dahulu, sedangkan untuk penulis yang tidak
menggunakan nama marga / keluarga , diawali dengan penulisan nama akhir /
belakang kecuali nama Cina.
·
Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu
dicantumkan dalam daftar pustaka.
·
Judul buku dicetak miring atau digarisbawahi
pada setiap kata, jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang
judul.
·
Baris pertama diketik mulai ketukan pertama
sedangkan baris kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7.
·
Jarak antara baris satu dengan baris berikutnya
satu spasi.
·
Jarak antara sumber satu dengan sumber
berikutnya dua spasi
Sumber :
0 komentar :
Posting Komentar