Selasa, 29 Desember 2015

Abstrak

1.       Pengertian Abstrak

Pengertian umum abstrak merupakan penyajian singkat mengenai isi tulisan sehingga pada tulisan, ia menjadi bagian tersendiri. Abstrak berfungsi untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca. Sebuah abstrak yang baik memiliki komponen tertentu yang harus dicantumkan di dalamnya. Komponen-komponen tersebut pun harus ditempatkan dengan urutan tertentu.

Abstrak digunakan untuk :
1.       Mengehemat waktu pembacaan dokumen aslinya
2.       Membantu pembuatan peninjauan pustaka
3.       Meningkatkan efisiensi pembuatan indeks
4.       Membantu mencari literature karna banyak karangan yang tidak di publikasikan
5.       Membantu menghilangkan kesulitan bahasa dalam membaca karangan aslinya

2.       Contoh Abstrak

3.       Isi Abstrak
·         Pembukaan 
Bagian ini mengawali sebuah abstrak dan biasanya terdiri dari satu atau paling banyakri  dua kalimat. Bagian pembukaan ini menjawab pertanyaan:  mengapa itu penting? Bisa juga bagian ini tidak ada, dan abstrak langsung dimulai dengan tujuan penelitian.
·         Masalah dan tujuan
Bagian ini selalu ada dalam sebuah abstrak, dan biasanya merupakan kalimat pertama atau kedua dari abstrak.
·         Materi dan Metode 
Bagian menyusul bagian masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian
·         Hasil
Bagian ini mencantumkan hasil penelitian, termasuk signifikansi secara statistik dari hasil penelitian tersebut.
·         Kesimpulan
Ini adalah bagian terakhir dari sebuah abstrak. Di sini penulis menyampaikan kesimpulan dalam kaitan dengan jawaban pertanyaan penelitian.

4.       Cara Membuat Abstrak
Abstrak harus dibuat sesuai dengan sifat-sifat abstrak yaitu :
·         Ringkas
·         Jelas
·         Tepat
·         Berdiri sendiri
·         Objektif
Terdapat format untuk penulisannya juga, formatnya yaitu :
·         Awal kalimat merupakan kata benda.
·         Terdiri dari maksimal 250 kata, diluar kata depan dan kata sambung.
·         Dalam bentuk satu paragraf.
·          Menggunakan spasi 1.
·          Menggunakan huruf Times New Roman.
·          Terdapat kata kunci yang terdiri dari maksimal 5 kata dan disusun secara alfabet.
·          Ditulis sebelum bab pendahuluan.
·          Rata kiri-kanan.
·          Ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt


5.       Daftar Pustaka
Daftar Pustaka yaitu suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan penelitian. Pemilihan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah. 

6.       Contoh Daftar Pustaka


7.       Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar
beberapa ketentuan serta aturan cara Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar yaitu :
·         Bagi penulis yang menggunakan marga/keluarga , nama marga/keluarganya ditulis terlebih dahulu, sedangkan untuk penulis yang tidak menggunakan nama marga / keluarga , diawali dengan penulisan nama akhir / belakang kecuali nama Cina.
·         Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.
·         Judul buku dicetak miring atau digarisbawahi pada setiap kata, jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang judul.
·         Baris pertama diketik mulai ketukan pertama sedangkan baris kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7.
·         Jarak antara baris satu dengan baris berikutnya satu spasi.
·         Jarak antara sumber satu dengan sumber berikutnya dua spasi

Sumber :



0 komentar :

Posting Komentar